Pengertian Tentang Google Pagerank Dan Alexa Rank

Label

Pada kesempatan kali ini, Saya akan mencoba memberikan sedikit keterangan tentang Google Pagerank dan Alexa Rank. Mungkin bagi sobat yang sudah lama berkecimpung di dunia blog/web sebagian sudah memahami apa yang dimaksud google pagerank dan alexa rank. Namun buat yang belum begitu paham apa yang dimaksud google pagerank dan alexa rank bisa membaca artikel ini. Sebenarnya topik ini sudah sering dibahas oleh para senior blogger, tetapi tidak ada salahnya kali ini saya mencoba mengulas sedikit mengenai Google Pagerank dan Alexa Rank dari beberapa narasumber, siapa tahu ada poin kecil yang belum pernah dibahas. Para pemilik blog atau website tentu menginginkan situsnya memiliki Google Pagerank dan Alexa Rank yang bagus kan?(kecuali pemilik private situs), siapapun itu. Kedua penilaian mesin besar di atas dapat menjadi tolak ukur kualitas dan popularitas suatu situs. Makin besar Google Pagerank dan makin kecil Alexa Rank menandakan situs tersebut sangat popular dan berkualitas.

Pengertian Tentang Google Pagerank Dan Alexa Rank
pengertian google pagerank
Pagerank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank adalah salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. (Wikipedia). Nilai Google Pagerank sebuah situs ditentukan oleh beberapa faktor di antaranya:

  1.  Banyaknya link aktif dari situs lain yang menuju situs tersebut. Makin banyak link yang menuju sebuah situs maka secara teori akan makin besar pagerank situs tersebut karena diasumsikan konten situs tersebut penting dan dianggap berguna oleh situs lain.
  2.  Kualitas link yang menuju ke situs tersebut. Makin bagus kualitas link yang menuju sebuah situs akan makin besar pagerank situs tersebut. Link berkualitas biasanya berasal dari situs berkualitas pula, disamping itu relevansi konten situs yang membuat link akan menjadi salah satu faktor kualitas link. Tidak semua link akan diperhitungkan Google dalam memberikan peringkat seperti link yang berasal dari situs pornografi dan yang berasal dari link market (link farm).
  3.  Kualitas situs yang menyimpan link. Faktor yang dapat menentukan kualitas situs antara lain keunikan konten, pagerank, dan usia situs. Jadi jika sebuah situs memiliki link yang berasal dari situs ber-pagerank tinggi, maka pagerank situs itu akan semakin baik di mata search engine khususnya Google.
  4.  Jumlah situs lain di seluruh dunia. Pagerank sebuah situs ditentukan oleh struktur link dari keseluruhan halaman web di dunia maya. melalui proses algoritma yang sangat besar dan komplek Google memberikan skala penilaian pagerank sebuah situs dengan angka 0 -10, Pagerank (PR) 10 adalah yang terbaik dan dianggap paling populer dan PR 0 adalah yang terendah. PR sebuah situs dapat sama dengan PR situs lain dan dianggap sama penting oleh Google. Penilaian pagerank dilakukan berkala untuk memeriksa ulang kulitas sebuah situs dalam interval waktu tertentu melalui algoritma yang sangat rumit. Google akan memprioritaskan situs dengan PR tinggi saat proses pencarian di search engine dengan kata kunci yang sama, misalnya situs dengan PR10 lebih utama dari situs dengan PR9, situs dengan PR9 lebih utama dari situs dengan PR8, begitu seterusnya.

Untuk mengetahui Google Pagerank dapat menggunakan Goolge Pagerank Checker atau melalui tool yang dipasang pada browser internet sebagai plugin. Sebaiknya anda memasang widget Pagerank pada blog anda, jika blog anda telah memiliki Pagerank, minimal 1. Anda dapat mengecek pagerank Blog anda di www.prchecker.info atau www.pagerank.net.

Bagaimana Biar Blog atau Web kita mendapat Pagerank ?
Menurut para master seo Jawabannya tentu dengan terus melakukan optimasi SEO pada blog kita, Blog ini sendiri belum mempunyai Pagerank Hhe, oleh karena itu dari sekarang saya terus melakukan optimasi SEO supaya nantinya bisa mendapatkan Pagerank. Contohnya bisa anda lakukan seperti berkomentar di blog dofollow, terus melakukan Update Posting, blogwalking dan masih banyak lagi.

Pengertian alexa rank
Alexa Rank Berbeda dangan Google Pagerank, Alexa Rank dinilai dari kualitas trafik sebuah situs yaitu banyaknya page visit dan page view. Makin banyak pengunjung dan makin sering sebuah situs dibuka, maka Alexa Rank akan semakin kecil. Situs dengan Alexa rank 1 adalah yang terbaik sedangkan situs dengan Alexa Rank "No Rank" adalah yang terendah. Nilai Alexa rank ini sebuah situs dapat sama dengan situs lain dan dapat bernilai jutaan bahkan puluhan juta. Penilaian Alexa Rank dilakukan secara instan dan tidak berkala, jadi jika suatu hari trafik sebuah situs sangat baik maka hari itu juga nilai Alexa Rank akan menurun (makin kecil makin baik), demikian juga sebaliknya.
Alexa Rank adalah sebuah Peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada brorser mereka. Alexa Rank ini merupakan kebalikan dari Pagerank, karena jika nilai digit angkanya semakil kecil, maka akan semakin bagus. Besarnya Alexa Rank sebuah situs belum tentu trafik pengunjung situs tersebut menurun karena hal ini dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas situs keseluruhan di dunia. Disamping itu kesamaan topik dan keyword juga akan mempengaruhi nilai Alexa Rank sebuah situs. Tetapi satu hal yang pasti dan jelas, situs yang memilki Alexa Rank rendah trafiknya lebih baik dari situs lain yang memilki Alexa Rank tinggi. Anda bisa memasang widget Alexa Rank anda disini.

Bagaimana cara meningkatkan Peringkat Alexa Pada Blog kita?
  • Memasang widget alexa rank pada blog kita
  • Menginstal alexa tollbar pada browser
  • Saling melakukan revieuws alexa
  • Rutin update postingan dan rajin share posting anda
Dengan langkah - langkah diatas, diharapkan kita bisa meningkatkan Alexa Rank pada blog/web kita.

Lalu untuk apa saja alexa rank dan google pegerank tersebut?
dan apa manfaat keduanya ???
Berikut Manfaat Google pagerank dan Alexa rank :
  1. Identitas blog Ranking blog juga dapat dijadikan identitas blogger.seperti Blog PR3, Blog PR 4, atau Blog PR1 dll.
  2. Kebanggan Siapa sih yang tak bangga kalau blognya menempati urutan 100 di alexa atau memiliki PR7 bahkan PR9.
  3. Lebih mudah menghasilkan uang. Sebagian besar publisher untuk adsense maupun review akan lebih memilih blog yang memiliki pagerank baik karena lebih bisa dipercaya.
  4. Search Engine Result Page One. Dengan semakin tingginya ranking blog (terlebih Google PageRank) maka kemungkinan berada di halaman pertama hasil pencarian terbuka lebar.

Jadi wajarkan apabila banyak blogger yang terobsesi dalam meningkatkan pagerank mereka karena memang kegunaan atau manfaat pagerank itu sendiri sangat banyak dan bermanfaat, terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam bisnis internet. Demikian postingan saya tentang Pagerank dan Alexa Rank. Semoga bermanfaat..

Disclaimer : Gambar,Link download atau video pada artikel di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

NO SPAM :
Komentar memasukan link aktif tidak akan di tampilkan atau terhapus secara otomatis.
EmoticonEmoticon

Contact Us

Name

Email *

Message *